Breaking News
Loading...
Selasa, 13 Januari 2015

Informasi Yang Salah Tentang Formalin

01.34
Artikel ini ditulis untuk KLARIFIKASI tentang beberapa info terkait masalah formalin. Ada dikatakan "CARA MENGHILANGKAN KANDUNGAN FORMALIN" ada yang menulis juga "CARA MENGURANGI KADAR FORMALIN", bahkan ada yang sadis berani menulis "FORMALIN ADA SECARA ALAMI JADI TIDAK BERBAHAYA"... HATI-HATI..!! ini merupakan pemahaman yang salah tentang formalin dan hal ini dapat membuat SI NAKAL yang menggunakan formalin dapat menggunakan dalih ini untuk menggunakan formalin...

APAKAH FORMALIN BERBAHAYA?

Ya... Formalin yang merupakan larutan gas formaldehide pada air SANGAT BERBAHAYA bahkan Amerika melarang penggunaan formalin bahkan untuk industri kayu karena penggunaan formalin tersebut membahayakan para pekerja yang melakukannya.. dalam kada kecil pun gas formaldehide yang dapat terlepas dari cairan formalin akan berbahaya jika terhirup.. Coba Anda bayangkan bagaimana kalau termakan..!!

KAN FORMALIN JUGA TERBENTUK ALAMI?

Formaldehide (senyawa utama cairan formalin) memang dapat terbentuk secara alami pada produk daging-dagingan selama proses pembusukan, TETAPI formaldehide tersebut telah berubah bentuk dengan berikatan dengan zat pangan yang ada sehingga membentuk senyawaan yang sudah tidak terlalu membahayakan (ingat ini pun dalam jumlah kecil maka TIDAK MEMBAHAYAKAN).

APA BENAR FORMALIN DAPAT DIHILANGKAN?

SALAH..!! Formalin tidak dapat dihilangkan setelah cairan formalin bersentuhan dengan matriks pangan karena terjadinya ikatan yang membuat formalin dapat terikat di makanan dalam waktu lama. memang formalin sediri akan menguap atau berkurang jika dipanaskan atau dibiarkan saja TAPI dalam jumlah sedikit. Sebagai penggambaran, dengan perendaman menggunakan air panas saja formaldehide (atau biasa orang sebut formali) paling banyak hanya terlepas 10% dari total kandungan formalin pada bahan makanan itu (itu pun dengan asumsi bahan makanan yang akan kita rendam sudah kita cacah kecil-kecil, kalau masih bentuk glondongan maka 1% juga mungkin tidak akan sampai pengurangannya). Selama formaldehide sudah terikat di matrik pangan dia terikat cukup kuat dan butuh energi besar untuk membuatnya terlepas.

KENAPA SIH FORMALIN BEGITU MENAKUITKAN?

Simple saja... penggunaan formalin ditujukan unutk membuiat bakteri atau virus atau jamur tidak bisa berkembang biak. Dia akan langsung membumi-hanguskan para sel mikroba.. nah... bagaimana dengan sel-sel tubuh kita..?? ANDA PIKIR SENDIRI YA..??

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Mudah-mudahan Indonesia dapat secepatnya terbebas dari penggunaan bahan-bahan berbahaya pada produk pangan dan untuk itu dibutuhkan peran pengawasan bukan hanya dari lembaga pemerintah tapi juga peran serta kita semua untuk menghentikan MALL PRAKTEK ini...

Artikel ditulis oleh: RUDI RIYANTO (peneliti Keamanan Pangan dan Lingkungan di BBP4BKP)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer