Breaking News
Loading...
Rabu, 07 Januari 2015

Tools Online CFIA Untuk Rekomendasi Penggunaan Bahan Pengawet Makanan dan Batas Maksimalnya

18.45
Canadian Food Inspection Agency (CFIA) adalah organisasi yang mengurusi permasalahan pangan di Canada. CFIA langsung dikomandani oleh Presiden dan organisasi secara struktural bertanggung jawab kepada Menteri Kesehatan di Canada. Badan ini memiliki struktur pemerintahan terpadu dimana semua kepala cabang memiliki akuntabilitas yang spesifik yang berkontribusi terhadap pencapaian masing-masing tujuan strategis CFIA untuk memastikan kemandirian dan keamanan pangan yang beredar di Canada.

Untuk teman-teman UPI (Unit / Usaha Pengolahan Ikan) atau unit pengolahan pangan lainnya yang sedang mencari atau mempertimbangkan penggunaan bahan pengawet yang dapat digunakan untuk produk Anda, CFIA secara khusus menyediakan tools (alat/ sofware) online yang dapat digunakan langsung untuk mencari rekomendasi bahan pengawet atau bahan tambahan pangan (BTP) lain yang diperbolehkan digunakan pada suatu bahan pangan beserta batas aman penggunaannya. Silahkan buat Anda yang membutuhkan langsung saja ke websitenya di LINK INI atau KLIK GAMBAR DI BAWAH INI.


Saya pikir tools ini sangat berguna buat pengusaha pengolahan makanan (termasuk UPI atau Unit Pengolahan Ikan) dalam memutuskan atau mempertimbangkan bahan pengawet atau bahan tambahan pangan (BTP) lain yang diperbolehkan digunakan pada suatu bahan pangan yang akan digunakan pada produk makanan yang akan mereka produksi dengan melihat juga batas maksimal yang direkomendasikan CFIA.

Hal yang sering menjadi permasalahan di Indonesia adalah permasalahan KETIDAK-TAHUAN masalah batasan maksimal suatu bahan kimia pengawet atau bahan kimia tambahan makanan yang diperbolehkan digunakan dalam suatu proses pengolahan makanan (termasuk ikan) yang aman (sesuai dengan kaidah keamanan pangan atau food safety). Layanan CFIA ini paling tidak akan membantu para pengusaha makanan dalam menentukan jenis pengawet atau bahan tambahan pangan (BTP) lain dan jumlah yang akan mereka gunakan dalam komposisi makanan yang akan mereka produksi.

Semoga Bermanfaat

Penulis: Rudi Riyanto, Tim Kelompok Peneliti Keamanan Pangan dan Lingkungan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBP4B KP).

CONTACT ME: 085310135381 or email to r.riyanto76@gmail.com, mr.rudiriyanto@gmail.com, or rudi_riyanto@kkp.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer